TIPS: Memilih Jurusan Kuliah agar Tidak Salah Ambil Jurusan

TIPS: Memilih Jurusan Kuliah agar Tidak Salah Ambil Jurusan
4.5 (90%) 2 votes

Mau ke mana setelah SMA? Pasti ada yang bilang mau nikah, mau langsung kerja, ada juga yang mau kuliah. Yap, betul banget, masa depan itu ada di tangan kita, jika kita memilih pilihan yang salah maka akibatnya bisa berakibat fatal.

Setelah kamu pilih tempat kuliah favorit kamu, kamu kemudian dihadapkan pula dengan pilihan berat tentang jurusan apa yang harus dipilih. Nah ini dia beberapa tips jitu untuk memilih jurusan yang tepat!

Baca juga: PENTING, Klik di sini jika kamu ingin kuliah murah berkualitas

  1. Kenali Diri Kalian Sendiri
    Bener banget nih menKenalilah dengan baik apa yang ada pada diri kalian, baik dari kelebihan dan kekurangan kalian. Kalian lah yang jalani hidup kalian. So, know yourself better. Jadi kalian tau lah yang terbaik buat diri kalian sendiri.
  2. Ketertarikan atau Kesukaan Kalian
    Setelah kalian tau apa yang ada pada diri kalian, maka kalian juga harus tau hal apa yang paling kalian suka atau bikin kalian tertarik. Ini penting banget men, gak kebayang kalo kalian harus stuck selama 4 tahun di jurusan yang gak kalian sukai. Kalian gak bakal menikmati kuliah kalian. Jadi, sebelum memilih jurusan, kalian harus tau passion kalian itu di bidang apa.
  3. Bakat Kalian
    Ya, apa sih bakat kalian? Coba kalian ingat-ingat lagi, penghargaan apa yang kalian pernah dapat sewaktu sekolah. Baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Misal kalian berbakat jadi ketua organisasi, jadi jurnalis atau mungkin berbakat menjadi ahli fisika karena kalian suka dengan ilmu fisika. Ya, dengan kalian tau bakat kalian, kalian jadi bisa masuk jurusan yang sesuai dengan kalian.
  4. Motivasi Kalian
    Dengan motivasi, semangat hidup kalian akan terus terpacu dan terarah. Kalau kalian gak punya motivasi, kalian seperti gak punya arah, semangat, dan tujuan setelah kalian lulus dari kuliah kalian. Banyak dari mereka yang sudah kuliah, kemudian harus berhenti karena mereka gak cozy gitu dengan jurusan yang mereka ambil. Biasanya, mereka mengambil jurusan tersebut hanya karena ikut-ikutan teman atau saran dari orang lain. Kemudian, diambilah jurusan tersebut yang sebenarnya mereka gak suka.
    Jadi, sebelum mengambil jurusan, ada baiknya kalian tulis dulu beberapa nominasi jurusan yang kalian minati. Tulislah apa motivasi atau alasan kalian memilih jurusan-jurusan tersebut. Kemudian, pilih jurusan yang paling banyak alasan kenapa kalian memilih jurusan tersebut. Jadi, jangan gara-gara ikut-ikutan teman terus kalian jadi salah jurusan. Kembali ke nomor satu men, know yourself better.
  5. Prinsip Kalian
    Sekarang saatnya kalian pikirkan apa sih prinsip-prinsip yang ada pada diri kalian? Kemudian cocokkan dengan jurusan kuliah yang mau kalian ambil. For example, saya ambil jurusan Teknik Informatika. Jurusan itu karena sesuai dengan prinsip saya. Information Technology akan terus berkembang dan gak ada habisnya. Jadi saya harus memperdalam ilmu di bidang IT tersebut. Nah, kalau prinsip kalian sama, kalian bisa ambil jurusan seperti saya. Tapi, kalau mungkin prinsip kalian berbeda, misal kalian gak perlu memperdalam ilmu di bidang IT, ya berarti kalian cari jurusan lain yang sesuai prinsip kalian.
  6. Harapan kamu di masa depan
    Coba deh kalian jawab pertanyaan ini. Apa sih harapan kalian di masa depan? Atau mau jadi apa sih kalian? Pertanyaan itu penting buat kalian jawab. Karena dengan menjawabnuya, kalian jadi tau harus ambil jurusan apa biar tujuan dan harapan kalian tersebut tercapai.
Nah semoga tips di atas bisa menjadi solusi kamu untuk memilih jurusan yang tepat di kampus pilihanmu ya. 🙂
(Visited 62 times, 1 visits today)

Related posts: