WASPADA! Modus penipuan nomor telepon melalui Google Maps

WASPADA! Modus penipuan nomor telepon melalui Google Maps
4.67 (93.33%) 3 votes

Google sampai saat ini menjadi mesin pencari nomor  #1 di dunia. Bagaimana tidak? Seribu satu macam informasi yang diperlukan oleh pengguna apapun itu dapat dicari. Dari mulai alamat, nomor telepon, penunjuk jalan, tutorial; bisa doicari. Sekilas tentang Google, memiliki nama resmi Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Atas kecanggihan Google itulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan fasilitas ini sebagai ladang untuk menambah pundi-pundi rupiah mereka.

Catatan: segala info yang ada dalam artikel ini masih bersifat dugaan semata, kesimpulan akhir berada di tangan anda sepenuhnya. Jadi, tetap waspada.

Bagi kamu yang suka mencari nomor kontak sebuah perusahaan, karena mungkin kamu sedang membutuhkannya. Google merupakan solusi yang tepat untuk dapat menemukan informasi tersebut. Namun kamu tidak seharusnya 100% percaya pada hasil pencarian yang diberikan oleh Google, penulis menemukan suatu keganjilan yang mencurigakan pada hasil pencariannya, dan hal ini patut kamu waspadai agar kamu tidak menjadi korban oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat penulis mencari informasi nomor telepon sebuah perusahaan elektronik, penulis mendapat nomor kontak “0812-1353-3xx”, cukup aneh memang karena nomor yang muncul adalah nomor selular yang bisa ‘diganti’ dan ‘lenyap’ begitu saja kapan pun dia mau.

Dan ketika dicari di Google dengan keyword “0812-1353-3xx” ternyata banyak sekali hasil pencarian dengan objek lokasi berbau “elektronik”, dan ini tersebar di seluruh Indonesia.

Hasil pencarian nomor telepon Google yang mencurigakan, 0812-1353-362

Nomor telepon yang mencurigakan berikutnya adalah “0816-341-245” saat dicari di Penelusuran Google Maps, hasilnya seperti ini:

Catatan: gambar di atas diambil dari forum Google Local Guides Connect (http://tinyurl.com/y7flmxm8), forum yang digunakan untuk mendiskusikan antar-sesama penyunting/kontributor Google Maps.

Menurut hasil pencarian Google, nomor di atas juga perna dipajang di situs jual beli nomor cantik.

Nomor lainnya adalah 0816-341-325, 0816-341-374.

Belum diketahui apa maksud dan tujuan pelaku memasang nomor telepon tersebut ke sembarang tempat-tempat elektronik atau lainnya secara acak. Saat dikonfirmasi oleh tim Google Local Guides, nomor tersebut tidak diangkat.

Spam itu ternyata tersebar di kota2 besar seluruh Indonesia dengan menyasar tempat-tempat seperti Toko Elektronik, Toko Komputer, Toko Ponsel, Rumah Kost, dll.

Sangat disayangkan kalau masalah ini terus dibiarkan, apalagi sampai ada korban. Dan yg jadi bikin sy tambah bingung, kok hal seperti ini bisa lolos dari pantauan Google, padahal mereka kan memiliki sistem crawling paling canggih di dunia.

Ceritanya ada teman di jakarta akan dimutasi ke balikpapan, jadi dia lg cari kos2an strategis dipusat kota melalui google maps, setelah ketemu kost yg diinginkan, dia langsung menghubungi nmr telpn yg tercantum. 1 jam kemudian, teman sy diminta transferkn sejumlah uang sebagai tanda jadi. Dari sini kami sdh curiga ada yg tdk beres sehingga kami putuskan utk cari tempat yg lain. Ada 5 tempat baru yg kami temukan dan anehnya semua nomor telponnya sama dgn nmr telpon yg minta transfer tadi.

Setelah ditelusuri, sy temukan lg ada 80an tempat dgn nmr yg sama di kota balikpapan dan samarinda…

Barracudax

Nah sobat tekno, alangkah baiknya kita selalu waspada, jangan telan mentah-mentah informasi yang datang dari siapa pun, termasuk Google. Tetap kroscek terlebih dahulu, dan tetap berpikir jernih. Pilihan ada di tangan kamu loh guys!

(Visited 46 times, 1 visits today)

Related posts: