TIPS: Memanfaatkan HP CDMA bekas yang tidak terpakai

TIPS: Memanfaatkan HP CDMA bekas yang tidak terpakai
3.71 (74.29%) 7 votes

Pada tahun 2017 ini menjadi tahun kematian teknologi CDMA di Indonesia, ponsel-ponsel dan kartu CDMA pun ditarik dari peredaran dan digantikan dengan teknologi terbaru.

Baca juga: 2016 menjadi akhir dari teknologi CDMA

Namun ada pula yang tetap bertahan menggunakan teknologi CDMA, sampai akhirnya mau tidak mau mati secara alamiah dan meninggalkan ponselnya tergeletak tak berguna begitu saja.

Lalu adakah cara untuk memanfaatkan ponsel CDMA bekas yang tak terpakai? Tentu saja ada, karena ponsel CDMA ini sama saja dengan ponsel yang lain, atau bahkan memiliki kelebihan yang sayang-sayang jika tidak dimanfaatkan. Ini dia tips-tips memanfaatkan ponsel bekas:

Dijadikan Jam Weker & Alarm

Ponsel jadul: Esia Hidayah

Support untuk: Hampir semua ponsel CDMA

Ponsel CDMA terutama yang jadul, seperti ponsel Esia Hidayah memiliki kelebihan yang tak dimiliki ponsel modern jaman sekarang,  yaitu baterai tahan lama. Ya, sekali charge bisa tahan sampai 1 minggu (baca: 7 hari) lebih. Maklum, jangan berharap ada fitur internet kencang, wifi, bahkan bluetooth; bisa tambah ringtone sendiri juga udah bersyukur.

Makanya ponsel-ponsel CDMA tersebut kita bisa manfaatkan sebagai pembangun kita di pagi hari. Matikan kembali ponsel saat kita sudah bangun pagi, agar ponsel kita bisa bertahan lama tanpa perlu sering sering mengecharge. Prediksi saya, jika dengan pemakaian normal saja bisa tahan sampai 7 harian lebih, nah kalau hanya dipakai untuk alarm dan selalu dimatikan jika tidak dipakai, maka bisa tahan hingga 30 hari.

Dijadikan e-book reader

Ponsel dijadikan pembaca ebook

Support untuk: Ponsel yang support PDF/TXT/DOC

Aksesoris tambahan: Layar yang lebih lebar lebih baik

Bagi kamu yang punya ponsel CDMA yang agak kerenan dikit, bisa membuka file-file PDF, kamu bisa manfaatkan ponsel CDMA kamu sebagai e-book reader. Tentu saja ini sangat berguna, terutama kamu sebagai pelajar dan bagi yang hobi baca, atau hanya sekadar memuat buku catatan pelajaran untuk contekan ujian juga bisa.

Jika ponsel kamu memiliki kapasitas ruang  storage kosong sebanyak 4GB, dan kita asumsikan rata-rata file PDF adalah sebesar 16KB, maka kamu  bisa menyimpan buku-buku sebanyak 250,000 (dua ratus lima puluh ribu) file!

Jumlah segitu sudah lumayan besar, atau bahkan kamu tidak akan sempat membaca semua isi-isinya seumur hidup kamu.

Dijadikan MP3/Video/Radio player

Support untuk: Ponsel yang support MP3, MP4 dan radio

Aksesoris tambahan: micro sd, headset/ear phone

Syarat utama untuk memanfaatkan fitur ini adalah pastikan bahwa ponsel CDMA kamu mendukung file dengan format MP3. Tenang saja, kebanyakan ponsel saat ini atau bahkan ponsel jadul sudah support MP3 atau bahkan MP4.

Jika ponsel kamu support MP3, artinya kamu bisa manfaatkan ponsel bekas kamu sebagai pemutar musik. Lebih keren lagi jika support MP4, biasanya jika MP4 saja support maka format media video lain seperti MPG, 3GP, MOV dan masih banyak lagi juga support, nah kamu bisa manfaatkan ponsel kamu untuk menyimpan video klip penyanyi favorit kamu loh guys, atau sekadar menyimpan video momen kenangan juga bisa. Harapan terakhir, jika ponsel CDMA kamu tidak support MP3 atau MP4, masa sih radio saja tidak ada? Wah parah banget ya kalau sampe tidak ada. Jika ada, maka setidaknya kita bisa mendengarkan musik kesayangan kita lewat siaran radio.

Dipakai untuk foto-foto

Support untuk: Ponsel berkamera

Tahun 90-an masih zaman-zamannya kamera konvensional yang membutuhkan roll film negatif untuk dapat mengambil foto, dan kita pun harus mikir 1000x untuk memfoto objek atau seseorang karena jika kita asal-asalan maka hasilnya akan buruk atau foto kita akan terbakar.

Kamera digital adalah barang mewah saat itu, tapi sekarang tidak lagi, karena kita bisa memanfaatkan ponsel CDMA kita sebagai kamera digital.

Walaupun hasil kameranya masih tergantung dengan kualitas kamera ponselnya, namun setidaknya ada beberapa kelebihan jika kita menggunakan kamera ponsel untuk memfoto; seperti detail tanggal dan lokasi yang tak bisa kamu dapatkan menggunakan kamera konvensional atau kamera digital biasa.

Tanggal dan lokasi memang tidak akan terlihat, namun ia tersimpan di belakang layar, tepatnya tersimpan di META tag yang bisa kita cek dengan melihat file properties-nya. Detail ini sangat berguna, misalkan kamu akan mengurutkan atau mecari foto berdasarkan waktu dan tanggal seperti foto pernikahan atau wisuda, atau melihat di mana saja kita pernah mengambil foto-foto kita.

Dipakai untuk internetan

Support untuk: Ponsel ber-WiFi

Walaupun teknologi CDMA sudah mati, jangankan buat internetan kenceng, buat SMS atau telepon aja tidak bisa. Tapi jika HP CDMA kamu punya koneksi WiFi, tentu saja kamu masih bisa menggunakannya untuk internetan dengan memanfaatkan WiFi Hotspot gratis yang tersebar di mana-mana.

Sebenarnya fitur ini sudah tidak asing lagi, kita lihat saja banyak sekali tablet-tablet PC yang tidak memiliki kartu SIM dan hanya mengandalkan koneksi Wifi dan/atau sambungan modem, syukur-syukur ponsel CDMA kamu support OTG dan Modem. Hal yang membedakan tablet dengan ponsel CDMA bekas kamu hanyalah ukuran  layar yang lebih sempit, selain itu sama saja.

Dipakai untuk main game

Support untuk: Hampir semua tipe ponsel CDMA

Banyak ponsel CDMA yang menggunakan Sistem Operasi Android. Bagi kamu pengguna ponsel Android pasti tahu kelebihan Sistem Operasi ini, sistem sumber terbuka (open source) membuat banyak vendor membuat ponsel ini dan juga membuat banyak developer membuat aplikasi dan juga game, jadi kamu bisa memilih jutaan aplikasi dan game yang kamu inginkan.

Kekurangannya adalah, game-game yang ada di Android banyak yang disisipi iklan-iklan yang mengganggu. Tapi tahukah kamu, kebanyakan iklan-iklan tersebut muncul karena ponsel kamu terhubung dengan jaringan internet? Maka dari itu kamu bisa download game sebanyak-banyaknya yang kamu mau, kemudian kamu simpan dan mainkan dalam keadaan offline. Tentu saja tidak akan ada iklan yang muncul karena data-data iklan tersebut diambil menggunakan koneksi internet, sehingga kamu bisa puas memainkan game tanpa diganggu oleh iklan.

Bagaimana jika ponsel CDMA kamu bukan Android? Tenang saja, hampir semua sistem operasi, baik Android, Windows Mobile, iOS, atau bahkan ponsel Java jadul sekalipun menyisipkan game hiburan di dalamnya. Masa sih sekelas permainan Snake atau Tic Tac Toe saja tidak ada? Itu kan kebangetan.

Dipakai untuk uji coba

Support untuk: Semua ponsel

Siapa yang mau HP-nya buat coba-coba, apalagi jika HP-nya baru dan mahal harganya, pasti gak akan ada yang mau. Nah kamu bisa manfaatkan HP CDMA bekas kamu buat uji coba.

Kalau HP CDMA kamu adalah Android, maka kamu  bisa coba-coba buat bikin aplikasi atau game kamudian cobain di ponsel bekas kamu, kamu juga bisa coba buat me-root ponsel kamu, atau sekadar gonnta-ganti ROM. Ponsel-ponsel yang lain juga bisa kamu jadikan ajang uji coba membongkar atau mengkanibalkan antar-komponennya.

Dibuat Jaga-jaga

Panggilan darurat

Support untuk: Hampir semua ponsel (tidak hanya CDMA)

Mungkin kedengarannya konyol, karena kamu juga sudah membaca artikel-artikel serupa yang memang isinya konyol. Tapi ini serius, ponsel kamu bisa kamu buat sebagai jaga-jaga, memang betul kalau kampu lempar ponsel kamu ke arah binatang buas, maka binatang buas bisa lari ketakutan.

Tapi sisi lain juga, kamu bisa gunakan ponsel bekas kamu untuk melakukan panggilan darurat 911 atau 112, baik itu ada pulsa atau tidak ada pulsa, ada kartu atau tidak ada kartu, selama baterai mencukupi dan ada jaringan selular apa saja di sekitar, maka panggilan darurat bisa saja dilakukan.

Gak percaya? Silakan matikan dan copot kartu SIM ponsel kamu kemudian nyalakan ponsel kembali tanpa kartu SIM, lalu kamu lakukan panggilan darurat 112 atau 911, pasti bisa.

Tetap dipakai, karena dual teknologi dengan GSM

Support untuk: Ponsel CDMA dual SIM dengan GSM

Mungkin kamu bisa dibilang beruntung jika ponsel CDMA kamu sudah dikawinkan dengan teknologi GSM. Walaupun teknologi GSM-nya tidak bisa buat internetan, tapi kamu masih tetap bisa melakukan SMS atau telepon.

Istilahnya, kamu buat ponsel CDMA kamu sebagai ponsel cadangan. Bisa dipakai saat kamu bepergian ke luar kota, camping, hiking, berenang atau kegiatan lainnya. Kan lumayan, daripada ponsel mahal kamu hilang, rusak atau kecopetan, mending yang jadi korban ponsel CDMA bekas bukan? Tapi jangan mengharapkan ponsel kita hilang, itu mah pengandaian saja. Setidaknya beberapa kelebihan jika ponsel CDMA bekas kamu dijadikan HP cadangan, yaitu: hemat baterai, udah!

Ditukar tambah dengan ponsel baru

Support untuk: Semua ponsel (syarat mungkin berlaku)

Banyak promo-promo yang diberikan oleh penjual ponsel, di antaranya adalah promo tukar tambah. Simpan ponsel CDMA bekas kamu, tunggu hingga ada promo tukar tambah. Jika ada promo tersebut, jangan ragu-ragu untuk menukar-tambahkan ponsel CDMA bekas kamu dengan ponsel teknologi terbaru. Lemayan, kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 500 ribu rupiah.

Beberapa syarat yang diberikan pada promo ini biasanya:
– Ada sticker postel
– LCD Harus menyala
– Dus lengkap dan buku manual
– Imei harus sama antara dus dan ponsel
– Tidak pernah terkena air

Tapi berdoa saja semoga sang pembuat promo tersebut mau menerima ponsel kamu apa adanya :D.

Gunakan kartu CDMA lain

Support untuk: Ponsel CDMA multiband

Hey sobat tekno, tau gak sih kalau tidak semua teknologi CDMA dimatikan? Sampai saat ini masih ada loh teknologi CDMA yang masih beroperasi di Indonesia.

Beberapa provider CDMA yang sudah wafat di antaranya adalah:

  1. Telkom dengan Flexi-nya
  2. Indosat dengan StarOne-nya
  3. Esia dengan segala produknya, kecuali EsiaTalk
  4. Smartfren dengan Hepi-nya, dan juga seluruh layanan CDMA Smartfren

Tapi jangan salah loh sobat tekno, ternyata masih ada loh operator CDMA yang masih aktif di tahun 2017. Apa itu? Silakan cari tahu ya.

Baca juga: Masih adakah operator CDMA yang masih bertahan?

Nah jika ponsel kamu mendukung multiband, CDMA 2000  1x 800Mhz, atau 200Mhz, kamu bisa coba ganti kartu SIM (baca: RUIM) CDMA kamu yang sudah wafat dengan kartu CDMA yang masih bertahan.

Dijadikan koleksi

Support untuk: semua ponsel CDMA tanpa terkecuali

Jika tips-tips di atas tidak ada yang berguna bagi kamu, maka jalan terakhir adalah kamu harus me-museum-kan HP kamu. Jadikan koleksi sehingga kamu bisa jadikan ponsel kamu sebagai bahan dongeng sebelum tidur bagi anak cucu kamu nanti.

 

(Visited 3.224 times, 6 visits today)

Related posts: