BEGINI CARA MUDAH mengembalikan kapasitas storage pada flashdisk/MicroSD

BEGINI CARA MUDAH mengembalikan kapasitas storage pada flashdisk/MicroSD
4.5 (90%) 4 votes

Dahulu saat kita ingin menginstall software, kita menggunakan CD, namun penggunaan CD sekarang sudah mulai ditinggalkan karena alasan efisiensi dan kepraktisan, mengingat penggunaan CD hanya bisa diisi sebanyak 1x (kecuali CD/DVD RW)  dan rawan sekali akan rusak seperti patah atau baret-baret yang membuat CD tersebut tidak dapat digunakan.

Astaga! Dari 128GB hanya terbaca 2.19MB

Solusinya adalah kita gunakan Flashdisk atau  Micro SD card!

Masalah kedua muncul, misalkan saja kita membuat bootable Operating System seperti Linux atau RemixOS, maka kapasitas storage kita akan “hilang” sebagian! Contohnya seperti yang saya alami sendiri, Micro SD yang berkapasitas 128GB saya gunakan sebagai bootable Linux Ubuntu, maka yang terbaca pada komputer hanya sebagai USB Drive dengan kapasitas 2.19MB, wow kecil sekali. Sekalipun sudah diformat ulang, maka kapasitas yang terbaca tetap 2.19MB.

Bagaimana cara mengatasinya?

Mudah sekali, banyak tutorial yang bisa kita cari di internet, termasuk penulis sendiri sudah menggunakan berbagai cara yang ada. Nah di sini, saya akan berbagi cara yang PALING MUDAH dan cepat, tanpa software tambahan, dan hanya memerlukan waktu yang singkat, yakni kurang dari 10 menitan. Langsung saja:

Tekan tombol start, ketik Diskpart

Cara ini bisa digunakan di Windows 7, 8, 8.1, atau pun Windows 10, untuk Windows XP dan Vista? Sepertinya bisa juga, yang penting buka dulu aplikasi diskpart, bentuknya seperti Command Prompt.

Ikuti perintah ini pada Diskpart

Setelah diskpart terbuka, ikuti perintah-perintah di bawah ini:

  • ketik “list disk”, maka akan muncul beberapa disk yang terpasang pada komputer kita, nah sekarang kita harus bisa mengidentifikasi yang mana yang merupakan flaskdisk/MicroSD kita, biasanya terdapat keterangan “removable” atau kita bisa lihat kapasitas yang paling mendekati kapasitas Flashdisk kita.
  • ketik “select disk X”, huruf X silakan diganti sesuai dengan nomor disk yang akan dipilih, misalkan flashdisk kita terbaca sebagai disk 2, maka ketik select disk 2;
  • ketik “clean”, jika gagal maka ketik “clean all”, ini berfungsi untuk menghapus seluruh isi pada flashdisk kita, termasuk partisi yang sudah dibuat akan dilebur ulang menjadi satu, maka dari itu sebelum sampai tahap ini baiknya backup dulu data kamu jika masih tertinggal di dalamnya. INGAT!!! Jangan menggunakan perintah clean all, karena perintah tersebut hanya digunakan dalam keadaan mendesak saja, perintah clean all akan mengurangi umur storage kita.
  • STOP SAMPAI DI SINI! Karena kapasitas dan partisi USB Flashdisk kita sudah seharusnya sudah lebur dan normal. Selanjutnya adalah membuat partisi dan memformatnya. Kamu bisa saja membuat partisi dan memformat USB Drive kamu di Diskpart, namun itu akan memakan waktu lama.

Buka aplikasi Computer Management

Tampilan Disk Management

Tekan tombol start, ketik “management” dan pilih Computer Management. Setelah terbuka, silakan pilih Disk Management yang terdapat di bagian kiri, maka akan terbuka disk-disk yang terpasang pada komputer kita.

Flashdisk atau MicroSD kita yang barusan kita clean dengan menggunakan diskpart akan berwarna hitam. Selanjutnya kita format dan buatkan partisi, ikuti cara ini:

  • Klik kanan pada disk yang berwarna hitam tadi (ini adalah Flashdisk/Micro SD kita) pilih New simple volume;
  • Langsung tekan Next sampai muncul pilihan kapasitas yang ingin dibuatkan partisi, Next terus karena kita akan membuat partisi dengan kapasitas maksimum (tidak ada yang harus diubah).
  • Pada Asign Drive Letter or Path silakan pilih huruf drive yang kosong dari A sampai Z, terserah kamu yang mana yang akan dipakai, tekan Next;
  • Silakan berikan nama, dan langsung klik Next

Selesai.

Cek di Windows Explorer

Nah silakan dicek, apakah kapasitas USB drive kamu sudah kembali? Seharusnya cara di atas sudah bisa mengembalikan kapasitas penyimpanan Flashdisk kita yang hilang. Jika tidak bisa, mungkin flashdisk kamu rusak.

Bisa? Silakan bagikan pengalaman kamu di sini, jangan lupa bagikan artikel ini dengan mengklik tombol jejaring sosial di bawah. Semoga bermanfaat!

 

(Visited 750 times, 3 visits today)

Related posts: