TIPS: Awas Penipuan! Hati-hati dengan Formulir Lowongan Pekerjaan Online Palsu

TIPS: Awas Penipuan! Hati-hati dengan Formulir Lowongan Pekerjaan Online Palsu
4.33 (86.67%) 3 votes

Akhir-akhir ini penulis banyak menjumpai postingan di jejaring sosial tentang perekrutan & lowongan pekerjaan secara online. Mulai dari lowongan kerja Samsung, Astra Daihatsu, dan perusahaan ternama lainnya. Muncul di benak kita sang pembaca, ‘apakah lowongan perekrutan tersebut benar atau penipuan?’ Maka dari itu penulis tergelitik untuk membuat artikel yang membahas tentang formulir lowongan pekerjaan yang dilakukan secara online. Karena banyak sekali kasus penipuan berkedok lowongan dan panggilan kerja.

Mencari pekerjaan memang tidak semudah membalik telapak tangan, apalagi dengan fasilitas internet membuat tersebarnya informasi menjadi jauh lebih mudah. Namun itu sejalan pula dengan sisi negatif yang ada, misalkan teknologi internet digunakan untuk tindak kejahatan penipuan.

Kali ini, penulis mengambil satu sampel lowongan pekerjaan online yang (katanya) diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu dengan alamat URL “https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe9U0QLRkPzHWXSbrkeRnKX8RNpSi8n2dSbaefdOs4Nzj81jA/viewform“. Apakah lowongan kerja tersebut benar? Mari kita analisa:

lowongan-daihatsu-astra
Tampilan formulir pendaftaran dibuka via ponsel
  1. Posting Perekrutan tidak melalui Web Resmi Perusahaan
    Setiap perusahaan biasanya memiliki teknisi IT yang andal, apalagi perusahaan sekelas Astra Darihatsu dan perusahaan nasional dan internasional lainnya, perekrutan pasti dilakukan dengan prosedur yang ketat dan teknis yang sangat rapi. Dalam hal ini bisa dikatakan tidak mungkin perusahaan sekelas Astra Daihatsu membuat perekrutan tanpa melalui web resmi mereka di daihatsu.co.id bukan? Pasti teknisi IT mereka mampu membuat formulir pendaftaran online yang profesional.
  2. Web Gratisan
    Perusahaan sekelas Daihatsu pasti mampu menyewa web hosting beserta domain dengan trafik dan kapasitas yang tidak terbatas tanpa perlu mereka memanfaatkan fasilitas gratisan, dalam hal ini ialah Google Form. Ya, Google Form sendiri ialah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk dapat membuat formulir semisal Formulir Pendaftaran Online  dengan mudah, mungkin hanya butuh 5 menit untuk membuatnya. Biasanya, Google Form sendiri digunakan untuk pengguna personal/pribadi, atau komunitas kecil yang tidak memiliki web resmi. Dan Kembali lagi, Astra Daihatsu pasti mampu menyewa web hosting beserta domain web, bahkan mampu menyewa seorang web programmer untuk membuat pendaftaran online yang canggih tanpa melalui Google Form.
  3. Tidak ada nomor kontak yang bisa dihubungi
    Biasanya, setiap pengumuman resmi dari sebuah perusahaan pasti menyertakan contact person yang dapat dihubungi guna mengkonfirmasi kebenaran dari informasi tersebut. Tak terkecuali perihal perekrutan dan lowongan pekerjaan yang notabene merupakan hal yang penting dan bukan main-main, pastinya menyertakan kontak yang bisa dihubungi.

    Nomor kontak resmi Astra Daihatsu
    Nomor kontak resmi Astra Daihatsu

    Kontak perusahaan besar tidak akan menggunakan layanan umum, apalagi gratisan. Contohnya seperti nomor telepon Astra Daihatsu, patut dicurigai jika nomor teleponya menggunakan nomor umum yang digunakan kebanyakan orang. Begitu pula email, tidak mungkin mereka mencantumkan email dengan provider gratisan seperti yahoo atau gmail.
    Kembali lagi, apakah dalam perekrutan karyawan tersebut mereka mencantumkan kontak yang bisa dihubungi? Dan jika ada, apakah kontak tersebut memang layak dan pantas untuk perusahaan sekelas Astra Daihatsu seperti keterangan di atas?

Nah, dari ketiga analisa di atas penulis mengambil kesimpulan bahwa Formulir Pendaftaran online tersebut bukan resmi dari PT Daihatsu. Tapi ingat, ini hanya kesimpulan dan belum ada keterangan resmi. Pada saat penulis mengkonfirmasi via email ke ‘hotline@daihatsu.astra.co.id‘ masih belum ada jawaban resmi. Maka dari itu, kamu selaku pencari kerja harus tetap berhati-hati terhadap modus penipuan mengatasnamakan lowongan pekerjaan, semua keputusan sepenuhnya ada di tangan kamu.

Jangan sampai kamu tertipu, karena data-data yang kamu input di dalamnya bisa saja digunakan untuk hal-hal negatif yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi jika kamu dimintai sejumlah uang, maka kamu patut waspada.

Bagikan postingan ini agar teman, kerabat, saudara kamu tau dan tidak mudah tertipu guys! Selamat sukses wahai pencari kerja!

 

 

(Visited 338 times, 2 visits today)

Related posts:

  • Lucky Itsuka

    Masih belum ada balasan juga?