Cara jitu! Begini cara kirim terima pesan Facebook di Android tanpa install Messenger

Cara jitu! Begini cara kirim terima pesan Facebook di Android tanpa install Messenger
4.43 (88.57%) 7 votes

Menyebalkan memang, saat teman kita mengirim pesan lewat Facebook dan kebetulan kita sedang menggunakan ponsel Android, maka kita “dipaksa” untuk menginstall Facebook Messenger untuk dapat mengirim atau membaca pesan, terlebih lagi jika ponsel yang kita pakai adalah Android mid-low price a.k.a ponsel kelas bawah, seperti ponsel dengan kisaran harga di bawah satu jura rupiah, dengan RAM dan ROM terbatas tentu saja kita mikir seribu kali untuk menginstall aplikasi tambahan. Terutama aplikasi yang berjalan di latar belakang, -background process- yang ada ialah membuat ponsel kita makin lemoot.

Untuk Trik Menggunakan Pesan Facebook Tanpa Install Messenger Di iPhone, klik di sini

lecari-l-fb-revDikutip dari review Facebook Messenger di laman play.google.com, seorang pengguna Android pada 20 Juni 2016 bernama Lecari L,  menuliskan ulasan tentang aplikasi ini:

“Hate that Facebook is now forcing me to use this, it’s buggy and I don’t like having people’s profile photos show up on the side of the screen. It also drains my battery life (my battery is dead by 4pm) despite not using it, and it uses a lot of data (it’s nearly maxed out my 8GB plan as it’s constantly running in the background). There’s no way to sign out or turn it off when I need to conserve battery or I’m at work which is also really irritating. Uninstalling, i guess I won’t use Facebook anymore!”

Yang kurang lebih artinya adalah:

“Saya benci Facebook karena sekarang memaksa saya untuk menggunakan aplikasi (Facebook Messenger) ini, aplikasi ini banyak kekurangan dan saya tidak suka melihat foto profil orang lain muncul di sisi layar ponsel saya. Aplikasi ini juga menguras daya tahan baterai saya (baterai saya habis pada pukul 4:00 sore) walaupun saya tidak menggunakannya, dan aplikasi ini memakan banyak kuota data saya (hampir menghabiskan kuota 8GB yang saya punya karena aplikasi terus berjalan di belakang layar). Tidak ada cara untuk keluar atau mematikannya ketika saya harus menghemat baterai atau untuk menjalankan aplikasi yang lain (bersama Messenger ini ) juga benar-benar menjengkelkan. Uninstall, saya kira saya tidak akan menggunakan Facebook lagi! “

Lalu, adakah cara lain agar dapat mengirim dan membaca pesan Facebook tanpa menginstall Facebook Messenger? Tentunya ada, pada saat artikel ini ditulis -21 Juni 2016-, penulis sudah mencoba cara ini dan berhasil! Bagi kamu yang memiliki masalah serupa, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Cara 1

Screenshot_2016-06-22-11-43-11_com.android.chromeKalau kamu pakai ponsel yang memiliki RAM minimal 1 GB, kamu bisa install Google Chrome, bagi yang RAM-nya di bawah itu saya sarankan, jangan deh 😀 karena aplikasi ini haus akan RAM, yang ada malah bikin ponsel kamu makin lemot.
Bagi yang sudah install Google Chrome, ikuti cara ini:

  1. Buka aplikasi Google Chrome pada ponsel
  2. Tekan tiga titik  yang ada di pojok kanan atas, pilih New incognito tab, maka layar Chrome akan berubah jadi gelap
  3. Buka laman facebook.com dan login seperti biasa
  4. TADA…, kamu sudah bisa mengirim dan membaca pesan facebook tanpa harus “dipaksa” untuk menginstall Messenger

Cara 2

Screenshot_2016-06-22-11-58-00_com.android.chromeJika gagal pake cara di atas, coba pake cara kedua. Cara ini lebih mudah, kita hanya “berpura-pura” tidak menggunakan Android, anggap saja kita sedang pakai nokia lawas atau hape cina non-Android. Bagaimana caranya? Yuk ikuti cara ini:

  1. cukup buka browser bawaan Android kamu, pake Chrome juga bisa.
  2. kita buka facebook versi jadul, atau versi ponsel lawas –featured phone- yang biasa kita buka saat koneksi kita lemoot buka mbasic.facebook.com
  3. TADA…, kamu sudah bisa mengirim dan membaca pesan facebook tanpa harus “dipaksa” untuk menginstall Messenger

Tampilan lebih sederhana, setidaknya kita bisa kirim terima pesan.

Baca juga bagaimana cara membaca postingan yang berhalaman-halaman menjadi hanya satu halaman

Cara 3

Jika 2 cara di atas gagal, mau tidak mau kita harus install aplikasi tambahan, eits tunggu dulu, aplikasi ini sebetulnya bukan aplikasi baru, karena tepatnya kita hanya men-downgrade aplikasi facebook yang biasanya sudah terinstall di Android kita. Aplikasi Facebook pada Android mulai versi 27.0 ke atas sudah “memisahkan diri” antara aplikasi Facebook dengan aplikasi Messenger, solusinya agar kita tidak usah menginstal  aplikasi messenger yang haus RAM, kita install atau downgrade aplikasi Facebook kita ke versi 27.0 ke bawah, dan install Facebook Chat reEnable.apk.

Klik link di bawah ini untuk download:

Download ini juga:

Cara 4

opera-facebook1Cara keempat, cara pamungkas! Banyak banyak berdoa, sabar dan tawakal jika cara ini gagal.

Install opera mini, it works! Ya karena halaman web yang dibuka akan dirender dulu oleh server opera mini, sehingga halaman yang tampil di ponsel kita sudah terkompress karena bukan halaman asli dari Facebook langsung, otomatis ponsel kita pun tidak terbaca sebagai Android, sehingga Facebook tidak bisa memaksa kita untuk install messengger.

Setidaknya, cara tadi sudah bisa menjadi penawar kita saat ‘galau’ karena tidak bisa membaca membaca pesan yang temen kamu kirim. Kalau ada cara lain, silakan bagikan lewat kolom komentar ya.

 

 

 

(Visited 6.748 times, 6 visits today)

Related posts: